Featured FREE Resource:

Monday, January 04, 2010

Prediksi 10 Kejadian Besar 2010 Versi Newsweek

Siapa saja bisa memprediksi apa yang akan terjadi. Terlepas dari yang menentukan adalah Allah SWT. Kira-kira versi Newsweek ini bisa menjadi acuan tambahan informasi.

1. Operasi Militer Buahkan Hasil

Memasuki 2009, banyak yang memperkirakan Afghanistan akan menjadi Iraq kedua. Tiap hari para tentara AS dan sekutu-sekutunya bergelimpangan. Tapi, begitu Jenderal Stanlay McChrystal ditunjuk memimpin pasukan aliansi NATO, perkembangan positif mulai terjadi. Penyelewengan oleh pasukannya yang merugikan warga sipil diinvestigasi dengan serius oleh McChrystal. Itu akan membuat mereka mendapatkan simpati warga. Buntutnya, pasukan bisa memperoleh banyak informasi berharga tentang persembunyian dan jalur logistik Taliban. Jadi, kemungkinan menghabisi Taliban dan menormalkan kondisi keamanan Afghanistan sangat terbuka.

KOMENTAR: Mungkin, tapi harap lebih melihat realita di lapangan....

2. Tiongkok Mulai Bermasalah

Tiongkok adalah pemenang krisis global. Bayangkan, di tengah belitan krisis, mereka masih bisa menikmati pertumbuhan ekonomi 8 persen dan kredit perumahan yang tetap berjalan lancar berkat guyuran dana triliunan dolar AS.

KOMENTAR: Tiongkok tetap bersinar...

3. Zardari Akan Tersingkir

Asif Ali Zardari bisa menjadi presiden Pakistan pada 2008 semata karena dirinya adalah suami almarhumah tokoh populer Benazir Bhutto yang dibunuh di akhir 2007. Kini masa bulan madu sudah berakhir. Di sebuah survei Oktober lalu, dari tiap lima warga Pakistan, nyaris tak ada satu pun yang mendukung dia. Bahkan, para menterinya mulai tak patuh. Hal tersebut wajar mengingat Zardari tak menunjukkan prestasi sama sekali. Bahkan, kerusuhan berdarah terus merebak di negeri itu. Inilah yang membuat sekutu utamanya, AS, meradang. Karena itu, Pakistan akan kembali menyaksikan sejarah lamanya berulang: kup.

KOMENTAR: Pemimpin yang terbaik yang akan mempimpin..

4. Hugo Chavez Dikudeta

Tahun lalu perekonomian Venezuela anjlok untuk dua tahun beruntun. Kebutuhan sehari-hari seperti susu dan daging mulai sulit ditemui. Harga-harga barang naik 30 persen, dan akan kian tinggi lagi tahun depan. Akibatnya, pemerintah kesulitan meneruskan program pembangunan listrik dan jalan. Yang paling terpukul tentu saja masyarakat bawah, konstituen utama sang commandante, Hugo Chavez. Mereka akan resah dan berulah, terutama di ibu kota Karakas, kota dengan tingkat kejahatan tertinggi di belahan bumi bagian barat. Itulah yang akan mengundang militer untuk mengudeta Presiden Hugo Chavez.

KOMENTAR: Ini dia ...

5. Pembalasan terhadap Rasisme

Burqa dilarang di Prancis, menara masjid diharamkan di Swiss. Tahun 2009 memang menyaksikan munculnya rasisme yang dilakukan pemerintahan sejumlah negara Eropa. Di tahun ini, situasinya bakal berbeda. Kaum minoritas yang menjadi korban langsung kebijakan itu dan mereka yang bersimpati akan melawan. Di Prancis yang akan mengadakan pemilu regional, misalnya, partai-partai sayap kanan bakal kesulitan meraup suara.

KOMENTAR: Hanya fobia...

6. Sanksi Lagi untuk Iran

Protes kepada pemerintahan Mahmoud Ahmadinejad tak akan berhenti. Tapi, mantan wali kota Iran itu tak akan tergoyahkan. Problem terbesar Iran adalah kemungkinan sanksi PBB jika kembali ditemukan adanya reaktor nuklir di luar dua yang sudah diketahui sekarang. Sanksi akan sangat memberatkan Iran yang mengimpor dua perlima kebutuhan minyak serta mayoritas bahan makanan serta barang produksi. Beban terutama bakal dirasakan kaum menengah ke bawah yang harus bergantung kepada pasar gelap.

KOMENTAR: Tidak habis-habisnya, sekaligus kurang kerjaan!

7. Brazil, si Tiongkok Baru

Bersiaplah menyambut si calon negara maju baru: Brazil. Ya, dengan sumur minyak yang baru ditemukan -terbesar di belahan bumi bagian barat- dan perekonomian yang akan tumbuh 8 persen, Brazil akan mengikuti langkah Tiongkok. Yakni, masuk jajaran kekuatan ekonomi baru dunia. Apalagi, Brazil tak terancam konflik sektarian dan separatisme seperti India. Brazil juga tak otoriter seperti Rusia di bawah Vladimir Putin yang membuat takut investor.

KOMENTAR: Selamat ... !!!

8. Inggris di Tangan Tory

Buruknya kinerja pemerintahan Perdana Menteri Gordon Brown dari Partai Buruh menjadikan langkah partai seteru utama, Partai Konservatif, tak akan terhadang di pemilu tahun ini. Tapi, Tory -sebutan Partai Konservatif- mungkin tak akan menang secara absolut. Di situlah masalahnya. Tanpa kekuasaan mutlak, Tory sulit mengangkat perekonomian Inggris yang terbelit masalah. Banyak investor yang semakin lari karena lambatnya upaya Brown keluar dari tekanan krisis global di tahun lalu.

KOMENTAR: Semoga....

9. Default Pertama di Eropa

10. Castro Menutup Mata

Selama beberapa tahun terakhir, kontrol keseharian Kuba memang sudah di tangan Raul Castro. Kesehatan Fidel Castro terus memburuk. Dia diprediksi beristirahat untuk selamanya pada tahun ini. Tentu, negeri Amerika Latin itu tak akan langsung berubah drastis begitu Fidel meninggal. Sosialisme tak akan diganti. Tapi, setidaknya tekanan terhadap pers akan berkurang, aturan imigrasi dikendurkan, dan para gay tak akan ditembak lagi. Yang pasti, hubungan dengan sang musuh besar, Amerika Serikat (AS), bakal membaik. Paling lambat di akhir 2010 ini hubungan dua negara bakal kembali normal.

KOMENTAR: Tetap negara yang punya harga diri..

0 Komentar::

Post a Comment

Jika Informasi ini bermanfaat, dengan kerendahan hati saya harapkan komentar dan kritikan dari Kawan semua.... :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Copyright © . Good Opportunity is Unlimited - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger